7.29.2013

Wanita pakai barang mewah agar pasangan tak selingkuh?

Berbelanja barang mewah bisa jadi memang favorit semua wanita. Namun siapa sangka bahwa ada tujuan lain selain fashion dan favoritisme di balik pilihan wanita untuk membeli benda-benda mewah. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita cenderung memakai tas mewah dan bermerek untuk mencegah kekasihnya berselingkuh.
Hasil ini didapatkan setelah peneliti di University of Minnesota melakukan pengamatan terhadap 649 wanita dari berbagai usia dan status hubungan. Penelitian ini mengungkap bahwa wanita menggunakan produk-produk mewah untuk menunjukkan pada wanita lain bahwa mereka memiliki hubungan yang serius dengan pasangan.
"Tampaknya tak masuk akal bagaimana wanita menghabiskan banyak uang untuk membeli tas baru. Namun bisa jadi ini keputusan tepat untuk melindungi hubungan romantis mereka. Ketika menggunakan produk mewah secara tak langsung wanita mengatakan pada wanita lain 'jauhi kekasihku!'," ungkap peneliti Vladas Griskevicius, seperti dilansir oleh Huffington Post (26/07).
Griskevicius dan koleganya Yajin Wang juga menemukan bahwa efeknya akan tetap sama bahkan jika tas mewah tersebut merupakan pemberian orang lain atau dibeli oleh wanita itu sendiri.
"Kami menemukan bahwa wanita yang menggunakan benda-benda mewah terlihat memiliki pasangan yang lebih setia. Akhirnya, tak banyak wanita yang berpikir untuk menggoda pasangannya. Tampaknya benda-benda mewah juga bisa berperan sebagai tameng dari wanita lain," ungkap Wang.
Penelitian ini juga menemukan bahwa wanita lebih menyukai barang mewah dan menghabiskan 32 persen lebih banyak ketika mereka merasa hubungan romantis mereka sedang dalam bahaya atau sedang tak stabil.